Cara Membuat Pidato Yang Baik

Cara Membuat Pidato Yang Baik

Cara Membuat Pidato Yang Baik- Pidato seperti yang telah banyak uraian dan tertulis di artikel, buku atau literature singkatnya adalah uraian lisan mengenai sesuatu hal yang disampaikan oleh seseorang di depan umum atau massa. Pidato memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda, namun tetap memiliki satu garis besar yang sama yaitu disampaikan di depan umum dengan gaya formal atau semi formal. Umumnya, pidato disampaikan oleh seseorang ketua, pimpinan atau perwakilan suatu perkumpulan atau acara. Dan secara teori, tata cara pembuatan pidato dapat dilakukan dengan langkah-langkah seperti berikut;

1. Menentukan maksud atau tujuan

2. Tentukan topik atau tema

Menarik baik pembicara atau pendengar.

Sesuai dengan situasi, acara dan juga daya tangkap pendengar.

Sesuai dengan waktu yang disediakan. Buat pidato singkat namun bermakna, daripada panjang lebar namun tidak jelas tujuannya.

3. Rumuskan tema/ topik menjadi lebih terperinci

4. Mulai mengumpulkan bahan pendukung

Informasi terbaru terkait dengan materi pidato.

Mempelajari teknik-teknik dan gaya pidato.

Mengetahui kelemahan dan kelebihan naskah pidato orang lain.

Mendapat tambahan istilah-istilah popular, cerita atau unsur-unsur yang relevan dengan topik pidato yang kita angkat.

5. Analisa situasi pendengar

Untuk lebih jelasnya lagi, dibawah ini ada Contoh Pidato Singkat mengenai kenakalan remaja, dan anda bisa memodifikasinya sesuai dengan topik pidato yang akan anda sampaikan.

Assalamualaikum Wr. Wb

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberi nikmat serta karunia-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul bersama di hari yang berbahagia ini.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kami semua hingga saat ini.

Dan kepada Yth. Bapak/Ibu yang saya hormati dan teman-teman semua yang saya cintai, kita semua tentunya tahu dan menyadari betapa banyak terjadinya kenakalan remaja saat ini, dengan perbuatan negatif dan menyimpang di masyarakat. Seperti sudah mengenal rokok dan narkoba, yang pada awalnya hanya mencoba dan menjadi ketagihan sampai kecanduan. Adapun penyebab masalah dari kenakalan remaja ini yang diakibatkan dari kesalahan orang tua dalam cara mendidik atau orang tua yang terlalu sibuk sehingga tidak sempat memperhatikan anak mereka, atau juga karena pergaulan remaja saat ini yang sudah terjerumus dengan pergaulan yang salah. Boleh saja kita mempunyai banyak teman, namun kita juga harus berhati-hati untuk memilih teman, agar kita tidak terjerumus pada pergaulan yang salah.

Masih banyak lagi kenakalan remaja yang terpengaruh oleh pergaulan yang salah, seperti mabuk-mabukan, tawuran antar pelajar, geng motor, dan bahkan hal tersebut banyak menimbulkan korban dari banyak remaja yang terlibat dalam pergaulan yang salah. Mari kita jauhi perilaku-perilaku menyimpang tersebut, karena hal tersebut hanya akan merugikan diri sendiri. Gunakanlah masa-masa remaja dengan hal positif dan bermanfaat bagi diri sendiri, orang tua dan juga bangsa.

Teman-temanku yang saya banggakan, selektiflah dalam mencari teman dan tetap ingatlah bahwa tak ada satupun orang tua yang menginginkan ananya berperilaku buruk. Sampai disini yang dapat saya sampaikan dalam pidato ini, jikalau ada kesalahan mohon untuk dimaklumi.

Wassalamualaikum Wr.Wb.