Pidato Dalam Rangka Hari Pendidikan

PIDATO DALAM RANGKA HARI PENDIDIKAN

Assalamualaikum Warahmatutlahi Wabarakaatuh.

Yang Terhormat Bapak Kepala Sekolah SD As Syafiiyah

Yang Saya Sayangi, Bapak/Ibu Guru SD As Syafiiyah

Yang Saya Cintai Teman-teman Pelajar SD As Syafiiyah

Pertama-tama marilah kita bersyukur kehadirat Allah Swt, karena atas rahmat serta hidayah-Nya sehingga pagi yang cerah ini, kita dapat berkumpul dalam acara memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Hari ini tepatnya tanggal 2 Mei, seluruh bangsa Indonesia memperingati hari Pendidikan Nasional. Dalam memperingati hari bersejarah ini, tentunya kita akan ingat kepada tokoh pendidikan Nasional, yaitu bapak Ki Hajar Dewantoro. Beliau merupakan pelopor pendidikan putra-putri bangsa Indonesia. Beliaulah yang memperjuangkan kesamaan hak bagi putra putri Indonesia, agar mendapatkan pendidikan yang layak. Tanggal 2 Mei merupakan tanggal kelahiran beliau dan sebagai rasa hormat kepada beliau maka hari ini tanggal 2 Mei diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional.

Bapak/Ibu serta Teman-teman yang Saya Sayangi,

Marilah kita mengingat kembali tentang bagaimana lahirnya Hari Pendidikan Nasional. Ki Hajar Dewantoro seorang tokoh pendidikan Indonesia, yang pertama kali mendirikan lembaga pendidikan di Indonesia, namanya adalah Taman siswa. Beliau pada masa itu yang mengabdikan dirinya untuk kemajuan bangsa indonesia melalui bidang pendidikan.

Sebagai generasi penerus bangsa, kita harusnya bersyukur karena pendidikan Indonesia telah dapat mencerdaskan bangsa. Dengan demikian kita sebagai pelajar harus terus belajar dengan sungguh-sungguh untuk menuntut ilmu dan mendukung kemajuan bangsa. Menuntut ilmu bagi seorang muslim merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan, sebagaimana yang dijelaskan Nabi Saw. dalam sabdanya:

Tuntutlah ilmu sekalipun ke Negeri Cina, karena sesungguhnya menuntut ilmu itu diwajibkan atas tiap-tiap orang Islam dan bahwasanya Malaikat itu akan merendahkan sayapnya kepada orang yang menuntut ilmu karena sukanya kepada pekerjaan itu.

Demikian pidato singkat kami dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional. Mudah-mudahan kita dapat meningkatkan semangat kita untuk menuntut ilmu dan apa yang kita lakukan senantiasa mendapat Ridho dari Allah swt. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaian pidato ini.

Billahi taufiq wal hidayat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.