Pidato Eji Yang Terhormat Kepala Sdn Cibiru 04, Saya Hormati

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Kepala SDN Cibiru 04, yang saya hormati bapak ibu guru beserta karyawan tata usaha SDN Cibiru 04, dan teman-teman yang saya banggakan.

Marilah kita ucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT., yang telah melimpahkan hidayah-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit pidato tentang upaya pelestarian lingkungan alam.

Pelestarian lingkungan alam sangatlah penting. Pada dasarnya pelestarian lingkungan hidup adalah suatu kewajiban, hal ini dikarenakan manusia sangat bergantung pada alam sekitar. Ada banyak upaya yang dilakukan berbagai pihak untuk melestarikan lingkungan alam baik dari masyarakat maupun pemerintah. Berikut beberapa upaya pelestarian lingkungan hidup:

Pertama menanam pohon, menanam pohon merupakan salah satu bentuk pelestarian lingkungan yang sedang banyak digalakkan akhir-akhir ini. Hal ini tidak lepas dari peran aktif pemerintah (Dephut) dengan programnya Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa pohon memberikan manfaat yang besar bagi kita seperti membuat lingkungan lebih indah, membuat udara lebih bersih, dan masih banyak lagi.

Kedua bersepeda, selain dapat menyehatkan tubuh kita, bersepeda juga merupakan wujud nyata cinta terhadap lingkungan sekitar. Tentu kita sudah tahu bahwa sepeda tidak seperti kendaraan bermotor yang mengeluarkan gas emisi berbahaya. Selain dapat mengotori udara sekitar, gas tersebut juga dapat menyebabkan pemanasan global (global warming).

Itulah beberapa contoh mengenai upaya-upaya yang bisa kita lakukan untuk pelestarian lingkungan alam. Kita harus menyadari betapa pentingnya kelestarian lingkungan hidup bagi kita dan kita sangat bergantung pada lingkungan sekitar kita. Oleh sebab itu, menjaga kelestarian alam merupakan tanggung jawab kita bersama, kita bisa melakukannya dari hal-hal yang sederhana seperti menanam pohon dan bersepeda.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Bila ada tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.