Naskah Pidato Singkat Lomba

NASKAH LOMBA

ORASI CINTA TANAH AIR UNTUK SISWA SMA/SMK/MA

SEKABUPATEN TEMANGGUNG

Naskah ini disusun untuk

mengikuti lomba orasi siswa SMA/SMK/MA se- Kabupaten Temanggung tahun 2012

Oleh

Wulan Firdinia Pratiwi

SMA N 2 Temanggung

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat, Bapak Ibu dewan juri.

Yang saya hormati, Bapak Ibu guru pendamping.

Dan tak lupa peserta lomba yang saya sayangi serta saya banggakan.

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena atas limpahan taufiq dan hidayah-Nya, kita dapat hadir di ruangan ini, tanpa ada halangan suatu apa pun dalam rangka lomba Orasi Cinta Tanah Air untuk Siswa SMA/SMK/MA se Kabupaten Temanggung.

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum saya menyampaikan orasi saya, perkenankanlah saya untuk memperkenalkan diri. Saya, Wulan Firdinia Pratiwi, dari SMA N 2 Temanggung. Di kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato saya yang bertema Cinta Tanah Air dengan judul Pentingnya Rasa Cinta Tanah Air yang Tumbuh Sejak Usia Dini.

Hadirin yang berbahagia

Sebelum saya berbicara lebih jauh lagi tentang hal tersebut, izinkan saya bertanya satu hal, apakah arti sesungguhnya dari rasa cinta tanah air itu?

Hadirin,

Rasa cinta tanah air adalah perasaan sayang, cinta, serta bangga terhadap bangsa maupun tanah di mana ia dilahirkan. Lalu, pertanyaan berikutnya, mengapa hal ini sangat penting untuk hidup berbangsa dan bernegara?

Hadirin,

Mari kita tengok sedikit, apa yang terjadi pada bangsa kita belakangan ini. Akhir-akhir ini ditengarai bahwa rasa cinta warga Indonesia terhadap negaranya telah mengalami penurunan. Hal ini dibuktikan dengan maraknya berbagai pelanggaran yang dilakukan warga, bahkan pejabat sekalipun, mulai dari pelanggaran hukum, dan bahkan hingga ke kasus KKN yang makin menggurita di negeri ini. Selain itu, sikap hidup warga negara kita, khususnya di kalangan generasi muda juga memperkuat bukti bahwa rasa cinta tanah air itu mengalami penurunan. Misalnya saja, kebiasaan para remaja atau generasi muda yang lebih mencintai produk luar negeri daripada produk dalam negeri. Mereka juga lebih bangga dengan budaya dari luar negeri dan nyaris lupa dengan budaya local negeri kita sendiri.

Sesungguhnya, hal tersebut dapat dihindari apabila seseorang memiliki rasa cinta tanah air, dan semestinya, rasa cinta tanah air sudah ditanamkan sedari dini pada warga Indonesia. Dengan kata lain, rasa cinta tanah air sudah harus ditumbuhkan pada warga Indonesia sedari usia dini, maupun remaja.

Mengapa harus dimulai dari usia dini? Kita semua menyadari bahwa di masa depan, generasi muda Indonesialah yang akan memegang estafet kepemimpinan. Maka dari itu, agar tercipta sistem yang lebih baik di masa depannya, generasi muda Indonesia haruslah memiliki modal terlebih dahulu, salah satunya ialah rasa cinta akan tanah airnya.

Hadirin yang berbahagia,

Tapi apa yang terjadi dengan generasi muda kita, yang seharusnya mulai memiliki rasa cinta tanah air? Mari kita lihat baik-baik. Tidak perlu jauh-jauh, mari kita lihat yang ada di Temanggung. Berbagai kasus pelajar dari tawuran, narkoba, bahkan seks bebas, telah terjadi di Temanggung. Inikah cerminan rasa cinta tanah air generasi muda terhadap bangsanya?

Sebagai orang Jawa, tentunya kita tau peribahasa witing tresna jalaran saka kulina. Dari sanalah kita dapat menggali sesuatu. Ya, kita semestinya memperkenalkan Indonesia dan membiasakan budaya Indonesia pada generasi muda sehingga terbentuklah rasa cinta tanah air tersebut. Maka akan menjadi sebuah hal yang luar biasa apabila kita membiasakan generasi muda kita untuk mengenal dan mencintai budaya Indonesia melalui lembaga sekolah. Mengapa? Karena sebagai generasi muda yang umumnya pelajar, sebagian besar waktunya dihabiskan di sekolah dan untuk kegiatan sekolah.

Hadirin,

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membiasakan rasa nasionalisme atau cionta tanah air ini. Untuk kegiatan di sekolah misalnya, kita dapat melakukannya dengan beberapa cara, misalnya

Memasang gambar garuda Pancasila, Presidean dan wakil Presiden, gambar pahlawan, serta bendera merah putih di setiap ruangan.

Memperdengarkan lagu-lagu nasional pada siswa pada saat senggang.

Memberlakukan syarat kecakapan nasional dalam rangka membiasakan budaya nasionalisme dan cinta tanah air pada anak didik.

Mengajarkan nasionalisme dengan hal-hal yang menyenangkan.

Mengajarkan dan membiasakan rasa cinta terhadap budaya bangsa melalui kegiatan ekstrakurikuler

Mengajarkan rasa cinta terhadap lingkungan, demi keberlangsungan kehidupan yang baik dalam berbangsa dan bernegara.

Tidak begitu sulit bukan? Hanya butuh pembiasaan sedari dini agar rasa cinta tanah air itu sendiri tidak mudah luntur dari dalam jiwa warga negara Indonesia.

Mari, kita senantiasa menanamkan nilai-nilai cinta tanah air dari diri kita, keluarga kita, dan orang-orang di sekitar kita agar tercipta Indonesia yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Sekian yang dapat saya sampaikan, bila ada kesalahan tutur kata, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.